About

Thursday, August 18, 2011

Makanan khas aceh

hmm… bagaimana yaa makanan ureng atjeh ituu??
dulu, saya juga tidak tahu banyak tentang makanan khas aceh tersebut.. tapi, setelah browsing, saya jadi mengetahui lebih banyak lagi tentang makanan khas aceh tsb.
oleh sebab itu, saya ingin membaginya bagi para penikmat blog ini. haha..
Aceh mempunyai aneka jenis makanan yang khas. Antara lain timphan, gulai itik, kari kambing yang lezat, Gulai Pliek U dan meuseukat yang langka. Di samping itu emping melinjo asal kabupaten Pidie yang terkenal gurih, dodol Sabang yang dibuat dengan aneka rasa, ketan durian (boh drien ngon bu leukat), serta bolu manis asal Peukan Bada, Aceh Besar juga bisa jadi andalan bagi Aceh.
Ada macam2 makanan khas aceh, diantara’a :
1. Gulai Jruk Drien (masakan sayuran berkuah santan dg campuran asinan durian)
2. Pliek U (masakan sayuran berkuah santan dg campuran bumbu kelapa kering yg digiling)
Campuran sayur yg digunakan No. 1 n 2 ada beberapa yg sama. Dr segi rasa, seperti masakan sumatra lainnya, pedas, n no.1 ada rasa2 manis n asam.
3. Keumamah (olahan ikan yg dijemur, tp bukan seperti ikan asin. Rasa ikan ini ga asin, tetap tawar, tp agak sedikit keras, tergantung pengeringan’a.). Biasa dimasak dengan sambal balado atau digulai santan.
4. Mie Aceh (mie yg digunakan sama dengan mie kuning basah di seluruh Indonesia, yg membedakan hanya bumbu yg digunakan. Klo mie jawa, banyakan kuah n campuran bawang putih. Mie Aceh sedkit kuah, banyak menggunakan campuran rempah2).
5. Kue Karah (kue ini terbuat dr tepung ketan, dibuat dg cetakan khusus menyerupai serabut2 kecil yg dibentuk jd kyk rangkaian sanggul gt).
6. Kue Leupek (bahasa nasional’a Timpan, terbuat dari tepung bisa dicampur singkong, ubi, labu)
masih banyak lagi yang lainnya., yang pasti semua masakan Aceh itu enak-enak deh.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment