Thursday, September 8, 2011

Cara Mengurangi STRESS


Anda pernah trauma terhadap suatu kegagalan? Cara yang sama bisa kita lakukan untuk menhilangkan trauma tersebut. Kita harus mengulangi kembali kegagalan tersebut dalam sebuah simulasi. Yang perlu diperhatikan adalah simulasi yang dilakukan persis sama dengan kejadian yang sebenarnya. Para korban gempa melalui alat simulasi tersebut merasakan kembali goncangan yang sesunggunya, hanya saja bukan dari gempa sesungguhnya tetapi dari alat simulasi. Unutk menhilangkan trauma atas kegagalan yang pernah kita lakukan berarti kita harus mengalami kembali kejadian yang sesungguhnya.
Jika anda pernah gagal bisnis dan membuat anda trauma, anda harus mengulagi kembali kegagalan tersebut. Perbedaannya adalah dalam skala dimana anda sanggup menerima kegagalan tersebut tanpa mengalami trauma. Sederhananya adalah dengan mencoba menjalankan bisnis kembali dengan modal yang lebih kecil. Jangan piker untuk sekses dulu, jalankan apa adanya.
Apa pun yang terjadi, baik sukses atau gagal, coba lagi berbisnis dengan modal yang lebih besar, dan seterusnya sampai anda nyaman dengan kegagalan yang anda alami. Lama kelaman trauma yang ada dalam diri anda insya allah akan hilang atau berkurang seperti apa yang dilakukan oleh alat simulasi gempa tersebut. Selamat mencoba.

Diambil dari buku Super Great Memory

No comments:

Post a Comment