Tuesday, September 6, 2011

SAATNYA MENANG

ImagePara pemain timnas Indonesia melakukan sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, tadi malam. Latihan dilakukan jelang pertandingan melawan timnas Bahrain dalam Kualifikasi Babak Ketiga Pra-Piala Dunia (PPD) 2014 yang digelar hari ini.

JAKARTA– Timnas Indonesia harus melupakan kekalahan dari Iran jelang duel melawan Bahrain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta malam ini.

Kemenangan akan menebalkan keyakinan lolos ke putaran selanjutnya pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2014. Berbagai kalangan yakin timnas akan bisa memetik poin penuh saat menjamu Bahrain. Apalagi, timnas tampil di depan puluhan ribu pendukungnya yang akan memadati SUGBK.Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum meyakini timnas bisa memperlihatkan tajinya saat menjamu Bahrain.

Menurut dia, dengan tim yang lebih lengkap dan strategi yang tepat, semuanya tidak ada yang tidak mungkin meski di atas kertas peringkat FIFA Indonesia berada di bawah Bahrain. ”Apalagi dengan dukungan penonton yang besar.Saya berharap ada cerita manis di Senayan besok,” kata Anas Urbaningrum kepada SINDO kemarin. Anas mengungkapkan, publik berharap timnas bisa mengambil kesempatan main di kandang sendiri dengan angka penuh. Melihat per-kembangan yang ditunjukkan Cristian Gonzalez dkk, kata dia, sangat rasional publik punya harapan lebih.

”Saya yakin para pemain akan bermain habis-habisan. Kami semua mendukungmu,” ucap Anas yang mengaku akan menonton langsung ke GBK. Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai timnas akan diuntungkan dengan dukungan penonton saat bertanding melawan Bahrain. Satu hal yang perlu perbaikan dari timnas, kata Mahfud, adalah soal stamina pemain. ”Untuk mengatasi persoalan stamina, saya berharap timnas bisa unggul lebih dulu pada babak pertama. Stamina Bahrain juga bagus, karena itu timnas akan kesulitan jika ingin mencuri kemenangan di babak kedua,” tandas Mahfud kepada SINDOtadi malam. Hal senada diungkapkan Wakil Ketua DPR Pramono Anung.

Dia optimistis timnas unggul dengan skor tipis melawan Bahrain. Dukungan penonton akan menjadi penyemangat bagi para pemain timnas. ”Yang penting diperbaiki pertahanan dan daya juang. Indonesia harus memanfaatkan bola-bola pendek dan memanfaatkan kecepatan. Kalau bola tinggi-umpan jauh, kalah tinggi badan,” ungkapnya. Pelatih timnas Wim Rijsbergen mengajak para pemain melupakan kekalahan lawan Iran dan bangkit pada duel melawan Bahrain. ”Membangkitkan moral pemain sangat penting dalam pertandingan nanti,”katanya. Menurut dia, meski baru tiba di Tanah Air setelah menghadapi Iran, Minggu (4/9) malam, pihaknya optimistis kondisi pemain prima saat pertandingan nanti.

Dia berharap anak asuhnya bisa memenangkan pertandingan karena dampak dari kemenangan akan membuka peluang Indonesia untuk lolos putaran selanjutnya. ”Kami tidak akan bertahan. Kami menginstruksikan pada pemain untuk bermain menyerang,” kata pelatih asal Belanda itu.

Dukungan Presiden

Dukungan kepada timnas Indonesia untuk menghadapi Bahrain dalam laga kedua kualifikasi pra-Piala Dunia 2014 terus mengalir dari masyarakat, tidak terkecuali Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).Presiden dijadwalkan akan memberikan dukungan langsung kepada Laskar Merah Putih di SUGBK nanti malam. Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha menjelaskan, Presiden SBY kemungkinan besar akan tiba di stadion pada 30 menit sebelum pertandingan dimulai.

”Presiden dan Ibu Negara insya Allah akan hadir besok untuk memberikan dukungan secara langsung kepada tim nasional,” tutur Julian di Bina Graha kemarin. Julian menambahkan, bila nanti jadi memberikan dukungannya secara langsung, Presiden SBY tidak akan ditemani banyak rombongan. Sebagai catatan,Presiden SBY juga memberikan dukungan langsung kepada timnas saat Firman Utina dkk berlaga di ajang Piala AFF akhir tahun lalu. ”Presiden, ibu negara, juga keluarga tentu dengan perangkat presiden akan hadir dengan jumlah yang terbatas. Kita ikuti prosedurnya FIFA (Federasi Sepak Bola Dunia),” katanya.

Faktor sebagai tuan rumah serta dukungan besar dari masyarakat diharapkan mampu memantik semangat anak asuh Wim Rijsbergen untuk mengalahkan Bahrain. Terlebih, Indonesia sangat membutuhkan kemenangan untuk mengamankan posisi di Grup E.Saat ini timnas masih mendekam sebagai juru kunci Grup E kualifikasi Piala Dunia babak ketiga. Indonesia belum mengantongi satu poin pun karena di laga pertama ditaklukkan Iran 0-3.Posisi puncak Grup E untuk sementara ditempati Iran dengan nilai 3disusul Qatar (1) serta Bahrain (1).

Hanya dua dari empat penghuni Grup E akan maju ke kualifikasi Piala Dunia 2014 babak keempat. Mengenai peluang pertandingan nanti malam,Julian mengemukakan,Presiden SBY mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia mendukung timnas agar bisa meraih kemenangan. Dukungan itu bisa diberikan secara langsung atau tidak langsung.

”Harapan Presiden tentunya mohon dukungan dan doa masyarakat baik yang hadir langsung di stadion besok maupun masyarakat luar untuk memberikan dukungan kepada tim nasional kita.Ini (pertandingan melawan Bahrain) juga sangat penting bagi pertandingan- pertandingan selanjutnya dalam kualifikasi Piala Dunia,”tandas Julian. rahmat sahid/mn latief/decky irawan jasri/maesaroh

No comments:

Post a Comment