Saturday, September 10, 2011

Sepuluh Macam Website “Mesin Uang”


1308186102407130203Judul Buku : 10 Jenis Situs Pengeruk Uang
Penulis : Jubilee Enterprise
Penerbit : Elex Media Komputindo
Resensi Oleh : Atep Afia Hidayat
Punya website sendiri ? Mantab. Berarti sudah eksis di dunia maya, tidak sekedar membuka-buka website milik orang lain, tetapi membuka dan mengembangkan website milik sendiri. Kini semakin mudah saja dalam memiliki website, dengan biaya hosting dan domain yang kian terjangkau. Kalaupun menginginkan yang gratisan tinggal membuka weblog seperti di Wordpress, Multiply, Blogspot, Blogdetik, dan sebagainya.
Ternyata ada website yang bisa dijadikan “mesin duit”. Menurut Jubile Enterprise, setidaknya ada sepuluh macam : Situs kuis (meraup uang dari penyedia soal-soal ujian); Situs PDF (mendapatkan uang dari jualan ebook); Situs pusat download (meraup uang dari apapun yg bisa di-download); Situs pemasang iklan (meraup uang dari pemasangan iklan); Situs foto (meraup uang dari foto dan gambar); Situs lelang (meraup uang dari benda-benda koleksi); Situs diskon (meraup uang dari penyedia diskon besar); Situs Tanya jawab (meraup uang dari menjawab pertanyaan); Situs took online (meraup uang dari jualan barang); dan Situs membership.
Buku setebal 184 halaman tersebut merupakan panduan praktis untuk menjadikan website sebagai “mesin duit”, dengan tidak hanya mengandalkan toko online saja. Keistimewaan buku ini bisa diterapkan oleh orang yang tidak memahami pemograman web, siapapun bisa tinggal ada kemauan dan keseriusan, secara perlahan namun pasti menjadi mampu. Ya, mau, serius dan mampu merupakan modal dasar untuk berkembang, termasuk memiliki bisnis di dunia maya.
Melalui website ternyata kita bisa jualan buku tentang apa saja, yang penting banyak diminati. Kemampuan menulis menjadi modal utama untuk jualan buku di website, bisa tentang bisnis, keterampilan tertentu, pengobatan, cerpen, dan informasi apapun, yang penting banyak dicari. Tulisan tersebut diformat dalam bentuk PDF, kemudian diposting di website. Namun dalam hal ini harus dibuat mekanisme supaya hanya member (anggota) saja yang bisa membaca atau mengunduh (download) karya tulis kita.
Buatlah tulisan, postingan atau ebook yang menarik, langka, inspiratif, penting dan enak dibaca. Bagaimana supaya arsip PDF tersebut hanya bisa diakses oleh orang tertentu, dalam buku ini secara gamblang dijelaskan, dengan alur scenario : Buatlah system keanggotaan, artinya hanya member yang dapat mengakses; Naskah dibuat dan simpan dalam format PDF; Kemudian unggah (upload) dokumen PDF ke server website; Member bisa dikenakan biaya bulanan (charge) untuk dapat mengunduh ebook yang sudah disiapkan.
Langkah praktis untuk berjualan ebook dan Sembilan macam website pengeruk duit dikupas tuntas buku ini. Supaya usaha maju dan berkembang, tentu saja kita harus terlebih dahulu fokus pada salah satu website “mesin duit”. Yang paling banyak digunakan tentu saja toko online, jualan ebook dan pemasang iklan.
Untuk memulai jadi seorang webpreneur atau blogpreneur keberadaan buku “10 Jenis Situs Pengeruk Uang” cukup memadai. Tinggal ditopang oleh pengetahuan dan kemampuan, bagaimana caranya supaya website dikunjungi sebanyak-banyaknya orang. Makin banyak pengunjung logikanya makin banyak yang belanja di website bisnis kita. (Atep Afia).

No comments:

Post a Comment