Saturday, January 21, 2012

Cari Jalur 'Aman' dengan Aplikasi Lewat Mana

Browser anda tidak mendukung iFrame

Jakarta - Pusing kerena selalu terjebak macet di jalan? Mungkin aplikasi ini bisa menjadi rujukan. Lewat Mana versi Android menawarkan pantauan keadaan lalu lintas di berbagai wilayah lengkap dengan video, foto dan peta.

Layanan tersebut sejatinya bisa diakses melalui situs lewatmana.com, tapi karena ingin memperluas para penggunanya layanan ini juga dihadirkan melalui aplikasi untuk Android dan bisa diunduh secara gratis di Android Market.

Kesan pertama ketika menjajal aplikasi berukuran 1,91 MB ini adalah tampilannya yang cukup bersahabat, walau masih didominasi oleh teks.



Pada menu utama terdapat berbagai fasilitas seperti Driving Mode, Traffic Camera Nearby, Traffic Camera by City, Traffic Update, Make a Report, Important Location, Emergency, Twitter dan Facebook. Yuk, coba telusuri satu persatu fitur tersebut.

Driving Mode, mungkin ini adalah salah satu fitur yang tidak terdapat dalam versi online-nya. Menu ini memungkinkan untuk memantau keadaan jalan yang berdekatan dengan posisi pengguna.

Traffic Camera Nearby, sesuai dengan namanya. Fitur ini digunakan untuk melihat keadaan lalu lintas melalui tayangan video di sekitar lokasi pengguna.



Traffic Camera by City, dalam menu ini pengguna bisa melihat rekaman cctv di berbagai kota seperti Jakarta, Bekasi, Bandung, Bali, Depok, Tanggerang, Puncak, dan Surabaya.

Traffic Update, menurut detikINET ini adalah salah satu fitur menarik dari aplikasi Lewat Mana. Di sini pengguna bisa mengetahui kondisi lalu lintas berdasarkan laporan pengguna lainnya.



Make a Report, bisa digunakan untuk membuat laporan kondisi lalu lintas. Hasil dari laporan ini nantinya akan tampil pada menu Traffic Update.

Important Location, menu ini berisikan tempat-tempat yang bisa sangat berguna ketika sedang berada di jalan. Misalnya saja, bengkel, pom bensin, rumah sakit, dan lainnya.

Emergency, bisa dimanfaatkan untuk keadaan darurat. Isinya beberapa nomor telepon penting seperti dari pemadam kebakaran, ambulan, pengaduan polisi, dan lainnya.

Sedangkan fitur Twitter dan Facebook bisa dimanfaatkan untuk berbagi informasi melalui jejaring sosial tersebut.

Secara keseluruhan aplikasi Lewat Mana cukup bermanfaat dengan interface yang sederhana dan fitur yang komplit. Aplikasi yang tersedia saat ini adalah versi Lite, sedangkan versi selanjutnya dengan fitur yang lebih lengkap dijanjikan akan segera dirilis. Tertarik mencicipinya?

No comments:

Post a Comment