Friday, August 5, 2016

Cara membuat website dengan MS Publisher 2007

Kalau pada tulisan sebelumnya saya bahas bagaimana Cara membuat website dengan domain dan hosting gratis serta Panduan membuat blog di WordPress, berikut ini saya tuliskan bagaimana membuat website dengan menggunakan software Microsoft Office Publisher 2007.

Microsoft Office Publisher 2007 dapat anda peroleh dengan cara mengintal Microsoft Office 2007 di komputer anda. Kata “Mbah Bill Gate” Aplikasi ini menganut ilmu WYSIWYG (what you see is what you get) alias apa yang anda lihat, itulah tang anda dapat. Dan jangan kuatir, jika anda sering menulis menggunakan Microsoft Word, dijamin 100%, anda nggak bakalan kesulitan menggunakan aplikasi ini.
Sudah siap…? Yuk kita mulai
  1. Buka aplikasi Microsoft Publisher 2007, Selanjutnya pilih Web Sites pada pilihan Publication Type.
  2. Silakan pilih design (template) yang anda sukai lalu tombol “Create”, atau anda juga bisa memilih “Blank Sizes”  jika ingin membuat design sendiri.
  3. Silakan anda centang beberapa halaman yang ingin anda tampilkan di website, seperti: Home, Contact, Product Catalog, Calendar de el el…
  4. Yaaaaaa… dah muncul tuh design-nya, sekarang silakan tulis konten website sesuai keinginan anda
  5. Perhatikan bagian bawah ada kotak kotak dengan angka 1,2,3 dst itu adalah halaman web yg tadi anda centang. Silakan di edit sesuai keinginan anda.
  6. Masih di kotak dengan angka 1,2,3 dst, hal 1 default adalah home, bisa diganti dengan klik kanan-rename, ganti home dengan judul web anda, file name dengan nama web yang akan anda publishkan, description isi dengan kalimat yang akan tampil dibawah judul web anda (jika browsing) key word isi dengan kata yang menjelaskan web anda.
  7. Jika ingin menambah halaman, klik kanan pada angka tsb lalu klik Insert page atau duplicate page, delete untuk menghapus halaman.
  8. Jika ingin menggunakan design yang berdeda di setiap halaman, klik view – task pane (akan muncul disebelah kiri), Klik “Change Tamplate”, pilih sesuai yang anda suka.
  9. Untuk menyisipkan kalimat bisa dengan klik text box, menambah gambar bisa langsung drag dari data atau klik picture frame. Pokoknya semua aturannya hamper sama dengan Microsoft Word deh…
  10. Untuk membuat link ke halaman 2 atau 3 dst bisa dengan cara : buat text box, isi dengan kata, blok kata/gambar, kemudian klik kanan >> klik Hyperlink >> pilih halaman yang dituju. Coba cek dengan web page review, bila perintah link tidak bekerja, ulangi lagi, pasti ada yang salah alamat kayak Ayu Ting Ting.
  11. Jika merasa sudah selesai dan siap dipublish, Simpan dengan nama “index.html”(harus), dan anda akan lihat akan muncul juga folder dengan bernama index_files. File inilah yang nantinya akan di upload ke server.
  12. Jangan lupa untuk mencocokkan semuanya, termasuk fungsi hyperlink dengan Web Page Preview, supaya apa yang anda buat di Publisher dan nanti yang tampil di internet benar benar  sama dan sesuai dengan apa yang anda inginkan.
  13. Sekarang anda sudah punya website kan?. Tapi jangan seneng dulu, pekerjaan belum selesai, karena website anda hanya bisa dibuka oleh anda sendiri alias masih offline.
Langkah selanjutnya adalah mendaftar, upload dan mempublikasikan website anda agar bisa dibuka oleh semua orang di dunia termasuk saya.
Namun sabar dulu yah.!! Tunggu tulisan saya selanjutnya.

No comments:

Post a Comment