Saturday, August 27, 2011

Angan-Angan Foke Alihkan Pengguna Motor ke Bus


detail berita
F: Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo (Dok. AHM)
JAKARTA - Meningkatnya pertumbuhan angka sepeda motor di Ibu Kota membuat Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo tergerak untuk melakukan sesuatu agar pengguna sepeda motor dapat beralih ke angkutan umum. Berbagai solusi dicanangkan agar penggunaan sepeda motor dapat berkurang.

"Sampai saat ini kita berusaha keras mengalihkan pengguna sepeda motor ke moda angkutan lain. Himbauan kami dan cara kami bekerja sama dengan perusahaan swasta adalah satu langkah menuju arah itu, tapi tentunya tidak sederhana. Kalau mudik bisa kita sederhanakan, tapi kalu kegiatan sehari-hari perlu waktu," beber Fauzi Bowo usai melepas bus Mudik Bareng Honda 2011, Jumat (26/8/2011).

Foke, sapaan Fauzi Bowo, yakin dan percaya pada saat bersamaan dapat meningkatkan jumlah armada angkutan umum dan kenyamanannya.

"Seperti kemarin, saya meresmikan Intellegance Traffic System (ITS) di mana setiap bus nantinya bisa kita kontrol jarak antara bus dengan bus lainnya. Kalau sekarang masih kayak undur-undur, menempel terus, kadang-kadang malah enggak ada busnya," urai Foke.

"Nanti akan kita atur agar lebih baik bus tracking system-nya sehingga heavy itu bisa kita jaga dan di setiap halte akan ada pemberitahuan bus akan datang 2-3 menit lagi. Sistem ini mulai diterapkan di Trans Jakarta. Mudah-mudahan masyarakat dapat beralih ke angkutan umum," tambah pria berkumis tersebut.

Rencana ke depan, akan diterapkan hal serupa pada bus umum lainnya. Sayang, dia tidak bisa memastikan kapan sistem tersebut dapat diterapkan pada bus umum.

No comments:

Post a Comment