Wednesday, August 24, 2011

Polisi kawal pemudik pesisir timur Aceh

BANDA ACEH - Polda Aceh akan mengawal seluruh pemudik yang melintas di jalur pesisir timur Aceh khususnya pemudik pengendara sepeda motor.

"Kami sudah menyiapkan personel untuk mengawal pemudik, terutama konvoi sepeda motor dan pengawalan tersebut tidak kami pungut bayaran," kata Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Unggul Sedyantoro.

Pengawalan itu diberikan untuk memberikan rasa aman dan nyaman di jalan raya kepada pemudik khususnya dari Kota Banda Aceh hingga ke kampung asalnya masing-masing.

"Situasi keamanan secara umum di Aceh kondusif, namun pemberian pengawalan polisi agar pemudik lebih teratur saat berada di jalan raya sehingga upaya menekan angka kecelakaan kendaraan bermotor di Aceh bisa terwujud," katanya.

Disebutkan, Polda Aceh telah menggelar operasi Ketupat Rencong 2011 dan dari kegiatan tersebut telah dipetakan sebanyak 33 titik rawan kecelakaan di jalur timur, 14 di wilayah tengah dan 31 pesisir barat selatan provinsi itu.

"Titik rawan kecelakaan khusus di pantai timur itu seperti tikungan tajam, gundukan dan bangunan toko di persimpangan yang menghalangi pemandangan supir serta ruas jalan yang digunakan untuk parkir," kata dia menjelaskan.

Selain itu, Unggul menyebutkan, dalam operasi Ketupat Rencong 2011 Polda Aceh dan instansi terkait juga membangun sebanyak 27 pos pengamanan Lebaran di lintas timur sejak dari Kota Banda Aceh hingga Aceh Tamiang, berbatasan dengan Provinsi Sumatera Utara.

Untuk wilayah tengah Aceh, Polda membangun sebanyak 22 pos pengamanan Lebaran dengan harapan mampu memberikan kenyamanan bagi masyarakat Muslim merayakan Lebaran Idul Fitri 1432 Hijriah.

Sedangkan pos pengamanan pemudik di lintas barat dan selatan Aceh telah dibangun sebanyak 20 unit. Selain itu juga telah disiapkan sebanyak 44 pos pelayanan Lebaran di seluruh Aceh.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh itu juga menyebutkan pihaknya berupaya menekan angka kecelakaan di provinsi tersebut khususnya saat berlangsungnya operasi Ketupat Rencong 2011 sejak H-7 hingga H+7 Lebaran Idul Fitri 1432 Hijriah.

No comments:

Post a Comment