Friday, September 23, 2011

ADA APA DI BALIK RASA NIKMAT SEBATANG ROKOK?

Ngerokok ? engga deh…..!!
Memang nya ada yang salah sama rokok… ? kan ngga ada dalilnya……….. eits!! tunggu dulu kawan……izinkan aku berbagi dengan kalian tentang sosok sebatang rokok, ok!
Sekilas tentang cara membuat rokok.
Rokok terbuat dari tembakau yang di campur dengan saus tertentu, kemudian di bungkus dengan kertas papir yang dibuat khusus untuk membuat rokok.
Nah yang jadi masalah…tahukah kamu ? tentang saus apakah yang dipakai untuk membuat tembakau terasa nikmat?, itu adalah zat kimia yang berbentuk cair yang di semprotkan pada tembakau kemudian diaduk dan dijemur, baru setelah itu dilinting.
Sedangkan rasa manis pada gabus yang kita hisap adalah air biang gula yang disemprotkan.
Kemudian tentang tembakaunya, biasanya tembakau itu disimpan dalam gudang dan ditimbun dalam waktu yang lama, nah kalau sudah kelamaan bisa jadi tembakau itu mengandung kuman dan berbau apek, karena itu untuk menghilangkan bau apeknya di pakailah saus tersebut.
Saya pernah mendapat cerita dari seorang teman yang bekerja di pabrik rokok. Dia mengungkapkan hal yang sangat mengejutkan dan diluar dugaan saya sendiri, masih katanya dalam proses pembuatan flavour essence (saus) yang digunakan untuk memberi rasa khas pada rokok, pada saat dicampurkan dengan tembakau sebelumnya dilarutkan dan diencerkan terlebih dulu dalam alkohol, nah…lho! Alkohol yang mengandung saus inilah yang kemudian yang diserap oleh tembakau sehingga menimbulkan rasa khas pada rokok.
Jika hal ini benar? Bagaimana pendapat kamu tentang rokok, haramkah kita menghisap rokok?
Apa sih manfaat dari rokok ?
  1. menciptakan lapangan pekerjaan. Ini di sebabkan karena ada larangan penggunaan mesin- mesin industri otomatis dari pemerintah dalam menjalankan roda pembuatan rokok maka banyak dibutuhkan SDM ( menciptakn lapangan kerja tidak harus membuka pabrik rokok, masih banyak usaha yang belum dirintis di negri ini )
  2. kejayaan bagi industri-industri rokok di Indonesia ( jangan terlena kawan, ini hanya menguntungkan pihak penguasa modal “kapitalistik yang harus di lawan!”)
  3. industri musik dan olahraga sangat berhutang banyak pada industri rokok. Karena rokok adalah sponsor utama dalam konser-knoser musik begitu juga dunia olahraga. (dunia islam lebih indah dari dunia musik dan olahraga )
  4. manfaat secara psikologis, bagi sebagian orang rokok adalah teman hidup, dan menenangkan hati. (teman hidup bukan rokok kawan, tapi teman seperjuangan yang istiqamah dalam keislamannya)
hasil penelitian yang mengungkapakan beberapa dampak buruk dari rokok :
  1. sudahkah terbukti kebiasaan merokok dapat menyebabkan penyakit?
Jawabnya :’ ya’. Dunia sepakat bahwa rokok dapat menyebabkan kanker, sakit paru-paru, ginjal, radang, osteoporosis dan masih banyak yang lainya.( ngga maukan…kita menderita penyakit kompilasi…makanya jangan merokok)
  1. apakah rokok memerlukan waktu yang lama sebelum kebiasaan merokok membawa akibat kbadan saya?
Jawabnya :’ tidak’. Hanya dalam hitungan menit nikotin akan merusak aliran darah, mempercepat detak jantung, dan melumpuhkan butiran halus dalam paru-paru. (hi…ngeri eyh…)
  1. apa yang sangat membahayakan dari rokok?
Jawab : satu batang rokok mengandung 4000 jenis bahan kimia.
    • nikotin : menyebabkan ketagihan, melemahkan kecerdasan otak, melabilkan detak jantung, dan mempercepat pembekuan darah. “ gimana islam akan tegak jika generasi pemimipin masa depannya memiliki kecerdasan otak dan fisik yang lemah, bukankah rasulullah lebih mencintai mukimin yang kuat?”
    • karbon : menyebabkan sesak napas dan menurunkan stamina, merusak lapisan pembuluh darah, dan meninggikan endapan lemak pada dinding pembuluh darah, juga tersumbatnya pembuluh darah. “nah lho untuk berdakwah kita harus sehat, bagaimana kalau pas kita sedang menjadi pembicara dalam sebuah pengajian lalu tiba-tiba kita sesak napas, bisa bubar tuh jamaah”
    • tar : digunakan untuk pengaspal jalan. Menyebabkan kanker, “emangnya tubuh kita jalanan aspal?”
    • aseton : peluntur cat, “masyaAllah….lapisan kulit kita di lindungi pigmen bukannya cat, apalagi ini di konsumsi tubuh dalam kita, apa jadinya nanti kalau semua warna yang ada dalam diri kita luntur begitu juga warna semangat kita wah….gawat nih!”
    • DDT : racun serangga untuk membunuh nyamuk dan semut,” diri kita bukan sarang nyamuk dan semut kawan, tapi sarang jihad”
    • Arsenic : racun kutu. “ yang namanya kutu adanya di kepala, jadi arsenic termasuk obat luar, lalu kenapa kita hisap dan masuk ke tubuh kita? Cobalah berpikir.”
    • kadmium : bahan kimia yang terdapat didalam accu, “ isilah tubuh kita dengan siraman ruhani jangan siraman kadmium, kita kan manusia bukan accu”
    • formaldehit : zat kimia yang satu ini sering digunakan untuk mengawetkan mayat.”kawan kita bukan mayat, kita masih hidup!”
    • ammonia : bahan aktif pembersih lantai. “ saya kira kita tidak harus menggunakannya karena kita bukan lantai ataupu ubin yang termasuk benda mati, tapi untuk membersihkan diri cukup dengan dzikrullah…”
    • polonium 210. bahan radio aktif
    • vinil klorida. Bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastic,”oh tidak….”
4.Apakah rokok dapat menyebabkan ketagihan? Jawabnya : ‘ya’. Nikotin hanya
Memerlukan waktu 10 menit untuk sampai di otak dan mempengaruhi fikiran
Menjadi bergantung
  1. Tidak hanya si perokok aktif saja yang akan menderita berbagai penyakit, tapi perokok pasifpun bisa lebih parah menderita penyakit yang bersumber dari asap si perokok aktif.
  2. Bagaimana caranya agar kita bisa menghindari bahkan talak dengan rokok? Caranya mudah saja tergantung niat dalam hati, perbanyak makan sayur-sayuran, buah, dan minum air yang tidak terdapat kafein. Libatkan Allah dalam menyelesaikan berbagai masalah hidup. Biasakan menenangkan diri dengan cara mendekat kepada Allah jangan kepada rokok.
HIMPUNAN FATWA UNTUK KASUS ROKOK
  1. Fatwa syaikh Muhammad bin Shalih al-ustmain. Allah Swt. Berfirman “…..dan janganlah kamu jatuhkan dirimu kedalam kebinasaan….” ( Al-baqarah :195 ) ‘merokok termasuk perbuatan yang mencampakkan diri ke dalam kebinasaan’ . dari dalil as-sunnah Rasulullah melarang kita menyia-nyiakan harta, ‘berapa puluhribu yang sudah kita sia-siakan uang kita untuk membeli rokok yang hanya menemani kesenangan sesaat. Rasul juga bersabda “tidak boleh menimbulkan bahaya dan tidak boleh pula membahayakan orang lain” dari merokok kita telah membahayakan orang yang ada disamping kita.
  2. Fatwa syaikh Muhammad bin Ibrahim. Alquran menyatakan “ di halalkan untuk mereka apa-apa yang baik dan di haramkan atas mereka apa-apa yang buruk”
Asal dari segala sesuatu yang diciptakan Allah , baik itu berupa suatu benda atau berupa manfaat-manfaat yang dapat diambil oleh manusia adalah halal dan mubah, namun perlu diketahui bahwa mubah bisa mendatangkan pahala, bisa juga mendatangkan dosa. Kita harus pintar memilih bagaimana caranya agar dari hal mubah yang kita lakukan tidak mendatangkan dosa melainkan pahala kebaikan semata, berkaitan dengan rokok, kita tidak bisa langsung menyimpulkan apakah hukumnya haram ataukah mubah
.
Allah dan Rasulnya selalu menyuruh kita untuk memakan makanan yang halal dan thoyyib, intinya halal saja tidak cukup untuk bisa kita konsumsi, makanan yang masuk kedalam tubuh kita haruslah halal dan thoyyib, nah….kalau rokok sendiri, apakah termasuk makanan yang thoyyib? Sepertinya jawabannya ‘tidak’ karena banyak membawa kemudharatan, merugikan diri sendiri dan orang lain,
Kesimpulannya : konsumsilah makanan yang halal dan thoyyib jangan hanya salah satunya, halal tapi tidak thoyyib atau thoyyib tapi ternyata tidak halal.

1 comment:

  1. gedang wohe pakel ngomong tok nglakoni angel hehehe........
    buah semangka berdaun sirih yg elo sangka bener semua sih wkwkwkwk......

    ReplyDelete