Wednesday, August 24, 2011

Polda Aceh Petakan 100 Titik Rawan Kecelakaan

Banda Aceh ( Berita ) :  Polda Aceh telah memetakan 100 titik rawan kecelakaan lalu lintas di jalan raya di sejumlah daerah yang diharapkan menjadi perhatian para pemudik Lebaran Idul Fitri 1432 Hijriah.
Kapolda Aceh Irjen Iskandar Hasan pada gelar pasukan operasi ketupat rencong 2011 di Banda Aceh, Senin [22/08] , menyebutkan 100 titik rawan kecelakaan lalu lintas itu berada di delapan dari 23 kabupaten/kota di provinsi itu.
Didampingi Kepala Biro Operasi Polda Aceh Kombes Endang Suryadarma, Kapolda juga menyebutkan operasi pengamanan Idul Fitri melibatkan 3.430 personel jajaran Polda Aceh.
Selain itu, jajaran Polda dan instansi terkait Pemerintah Aceh juga membangun sebanyak 72 unit pos petugas yang tergabung dalam operasi ketupat rencong 2011 di sejumlah titik rawan di wilayah tersebut.
Iskandar Hasan merinci dari total pos operasi ketupat rencong 2011 itu masing-masing pos pengamanan 25 titik, pantau 18 buah dan simpatik 29 lokasi.
“Mungkin ada pertanyaan, kenapa keberadaan pos petugas lebih sedikit dibanding titik rawan yang mencapai 100 titik. Titik rawan yang tidak ada posnya akan diawasi oleh petugas patroli mobil,” katanya.
Kapolda mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai dan mengamankan lingkungannya masing-masing, terutama saat hendak mudik lebaran ke kampung halamannya.
“Kami mengimbau masyarakat, terutama saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong agar memeriksa secara teliti pintu dan jendela serta arus listrik jangan sampai mengundang musibah, seperti kemalingan dan kebakaran,” kata dia menjelaskan.Selain itu Kapolda mengatakan saat mudik Lebaran juga perlu menyerahkan keadaan rumah kepada tetangga atau pihak penanggung jawab lingkungan termasuk kepala lorong di desanya masing-masing.
“Itu penting agar tetangga atau aparat di desa mengetahui bahwa rumah sudah kosong dan berharap pengawasan mereka sehingga tidak terjadi masalah setelah usai mudik Lebaran di kampung halaman,” katanya. (ant )

No comments:

Post a Comment